Sabtu, 24 September 2011

Sholat yang ditinggalkan ketika awal darah haid keluar



gambar di atas saya copy dari kitab Rishalatul mahid :

seorang wanita ketika keluar darah haid haram baginya melakukan ibadah seperti sholat, baca Al Quran, berdiam diri di masjid, dan lain-lain keculai berzikir. Berzikir yang dimaksud yaitu ingat kepada Allah atau kebesaran Allah. Misalnya wanita yang sedang haid ketika dapat musibah lalu ia berkata "innalillahi wainna illahi roji'un". terlintas kalimat tersebuat merupakan ayat Al Qur'an, meskipun ayat Al quran tapi itu sebuah dzikir karena ingat kepada Allah dan hal ini diperbolehkan dalam islam.
yang tidak diperboilehkan adalah sengaja membaca Al quran dengan bersuara ketika sedang haid/nifas.

Sholat yang ditinggalkan karena Haid tidak wajib diqadla. Yang jadi permasalahannya adalah ketika keluar darah haid pada waktu itu ia lupa/belum sempat melakukan sholat fardlu, yang seharusnya sholat tersebut bisa dilakukan sebelum darah haid keluar.


supaya memudahkan tabel dalam kitab di atas saya terjemahkan kedalam bahasa indonesia :



keterangan :
qodo : melakukan sholat tidak pada waktunya (hutang sholat)
ada' : melakukan sholat pada waktunya


penjelasan :
pada tabel 1 :
  1. Keluar darah haid pada waktu duhur tapi sebelum keluar haid belum melakukan sholat duhur, maka setelah bersuci wajib mengqodo sholat duhur dan asyar.
  2. Keluar darah haid pada waktu asyar tapi sebelum keluar haid belum melakukan sholat asyar,  maka setelah bersuci wajib mengqodo hanya sholat asyar.
  3. Keluar darah haid pada waktu magrib tapi sebelum keluar haid belum melakukan sholat magrib,  maka setelah bersuci wajib mengqodo sholat magrib dan isya.
  4. Keluar darah haid pada waktu isya tapi sebelum keluar haid belum melakukan sholat isya,  maka setelah bersuci wajib mengqodo hanya sholat isya.
  5. Keluar darah haid pada waktu subuh tapi sebelum keluar haid belum melakukan sholat subuh,  maka setelah bersuci wajib mengqodo hanya sholat subuh.
catatan : bila keluar darah haid diwaktu shloat tertentu dan sebelumnya sudah melakuakan sholat tersebut maka tidak wajib mengqodo sholat.
penjelasan kelima tersebut dikarenakan mengikuti aturan jamak sholat.
pasangan sholat jamak :
  1. duhur dengan ashar
  2. magrib dengan isya'
istilah jawa sholat yang tersmasuk pasangan jamak itu keduanya saling nyetrum.

pada tabel 2 :
  1. ketika darah haid mampet di waktu duhur, maka setelah bersuci melakukan sholat duhur biasa dan seterusnya. jadi tidak dihukumi mengqodo sholat.
  2. ketika darah haid mampet di waktu asyar, maka setelah bersuci melakukan sholat asyar biasa(ada') dan wajib mengqodo sholat duhur.
  3. ketika darah haid mampet di waktu magrib, maka setelah bersuci melakukan sholat magrib biasa(ada') dan seterusnya. jadi tidak dihukumi mengqodo sholat.
  4. ketika darah haid mampet di waktu isya, maka setelah bersuci melakukan sholat isya biasa(ada') dan wajib mengqodo sholat magrib.
  5. ketika darah haid mampet di waktu subuh, maka setelah bersuci melakukan sholat subuh biasa(ada') dan seterusnya. jadi tidak dihukumi mengqodo sholat.


contoh kasus : apa yang dilakukan setelah bersuci dari haid bila terdapat kasus :
  1. seorang wanita yang keluar darah haid diwaktu duhur dan belum melakukan sholat duhur, setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet diwaktu isya.??
  2. keluar darah haid di waktu sholat magrib dan belum melakukan sholat magrib setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet diwaktu sholat magrib?
  3. keluar darah haid diwaktu subuh tapi sudah sholat subuh, setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet jam 22.00 wib??
  4. keluar darah haid diwaktu sholat asyar tapi sudah sholat asyar, setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet jam 09.00 pagi??
  5. kluar darah haid jam 08.00 pagi, setelah beberapa hari kemudian haidnya mampet di jam 11.00 pagi??
jawab :
  1. setelah bersuci dari haid maka yang dilakukan adalah sholat isya biasa (ada') dan mengqodo sholat duhur, asyar, dan magrib
  2. setelah bersuci dari haid maka yang dilakukan adalah sholat magrib biasa (ada') dan mengqodo sholat magrib dan isya.
  3. setelah bersuci dari haid maka yang dilakukan adalah sholat isya biasa (ada') dan mengqodo sholat magrib.
  4. tidak wajib mengqodo sholat.
  5. tidak wajib mengqodo sholat karena saat keluar darah haid diwaktu luar sholat fardlu.
Demikian penjelasan dari saya, bila masih bingung silahkan komentarnya...!! makasih :)

0 comments:

Poskan Komentar